8 Hal ini Wajib diketahui Bagi Anda Pengagum Perhiasan Perak

Perhiasan perak adalah perhiasan yang sangat digemari setelah emas. Selain harganya yang lebih terjangkau, perak memiliki ciri khas khusus yang dapat membuat penampilan Anda semakin elegant.

Saat ini penggemar perhiasan perak juga tidak kalah dengan emas, jika Anda salah satunya, jangan lewatkan beberapa ulasan di bawah ini.

Lebih cepat kotor

Karena warnanya putih bersih, perak cenderung lebih mudah terlihat kotor. Jika perhiasan perak Anda sudah terlihat kekuningan, itu berarti sudah saatnya untuk dibersihkan. Namun jika noda yang berada di daerah lipatan berwarna kehitaman, itu berarti tempat penyimpanan perhiasan perak Anda sangat lembab. Atau bisa jadi kebiasaan Anda sehari-hari membuatnya lebih cepat berubah warna.

Kebiasaan seperti menggunakan sabun sulfur akan sangat berpengaruh pada perhiasan perak yang Anda kenakan saat itu. Selain itu, parfum yang tidak pernah ketinggalan untuk disemprotkan sehabis mandi itu juga menjadi salah satu faktor yang membuat perhiasan perak Anda berubah warna.

Silica Gel

Perhiasan perak sangat mudah teroksidasi dengan senyawa lain terutama di daerah lembab. Jika Anda ingin perhiasan perak yang Anda miliki lebih awet bersih, cobalah letakkan perhiasan Anda ke dalam kotak perhiasan. Tapi jangan lupa menambahkan silica gel pack ke dalamnya untuk menyerap kelambabannya.

Karbon Aktif

Tambahkan beberapa karbon aktif atau arang aktif ke dalam tempat penyimpanan perhiasan perak Anda. Ternyata karbon aktif mampu menyerap gas yang dapat membuat perhiasan perak Anda lebih cepat memudar. Untuk menjaga kilaunya tetap terjaga, tips yang satu ini perlu di coba lho.

Apabila Anda bukan tipikal orang yang ogah ribet dengan rutinitas melepas perhiasan dan memasukkannya ke dalam kotak perhiasan, perlu Anda ketahui bahwa keringat juga memiliki senyawa yang dapat membuat perhiasan perak menjadi kekuningan. Anda bisa melakukan perawatan sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah lho, girls.

Pasta Gigi

Cleaning silver jewellery methods

Bersihkan secara berkala dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Gosok dengan menggunakan kain halus atau dengan sikat gigi pada bagian lipatannya hingga warnanya kembali putih mengkilat. Ingat, jangan menggosaknya dengan bahan yang kasar karena akan membuat perhiasan perak Anda tergores.

Air garam

Jangan membersihkan perhiasan perak Anda dengan cuka karena kandungan asam yang tinggi pada cuka tidak cocok dengan perak. Air garam dapat lebih optimal membersihkan perhiasan Anda.
Lebih mudah tergores.

Jika Anda mendapati perhiasan perak favorit tiba tiba terlihat tergores, pasti agak nyesek di dada kan, girls? Sebenarnya logam perak murni tidak bisa langsung digunakan sebagai perhiasan karena terlalu lunak, sehingga diperlukan logam lain sebagai campuran agar lebih keras.

Ketika Anda membeli perhiasan perak dari beberapa toko yang berbeda, pasti menyadari perbedaannya. Setiap toko memiliki kadar campuran yang berbeda beda pada produk perhiasan perak mereka. Mungkin perhiasan perak Anda antara yang satu dengan yang lain terlihat sangat berbeda. Ada yang lebih cepat berubah warna, ada yang lebih awet putihnya. Nah dari situ Anda dapat melihat toko mana yang memiliki kualitas lebih baik pada produk perhiasan perak mereka.

Perhiasan perak dengan kualitas tinggi yang tidak menambahkan logam campuran terlalu banyak membuatnya lebih awet putih kilaunya. Perhiasan perak dengan sedikit campuran tidak akan mudah berubah warna menjadi kekuningan, namun kemungkinan tergores lebih besar. Nah, jika Anda menyukai perhiasan perak dengan kualitas tinggi seperti itu harus berhati-hati dalam pemakaian dan cara penyimpanan.

Kotak Perhiasan dengan banyak ruangan

Jangan campur jadi satu semua perhiasan Anda dalam satu wadah. Pilihlah kotak perhiasan yang memiliki banyak bagian penyimpanan untuk menghindari perhiasan tersebut menggores satu sama lain.

Zip Lock

Jika memang Anda tidak memiliki kotak perhiasan dengan banyak bagian, Anda bisa memanfaatkan plastik yang memiliki zip lock. Dengan begitu perhiasan perak Anda akan aman dari goresan.

Hal-hal kecil di atas mungkin tidak pernah Anda sadari dapat menjadi faktor penyebab perhiasan perak kesayangan Anda lebih mudah kusam bahkan berganti warna menjadi kekuningan. Nah, semoga ulasan tentang beberapa sifat dan cara pemeliharaan perhiasan perak di atas dapat membantu Anda menjaganya tetap terliat baru setiap saat. Bukan hal yang sulit kan? Selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *