Desain Gaun Pengantin Terbaik

Pernikahan merupakan momen terindah dan sangat dinantikan bagi setiap orang. Pernikahan merupakan salah satu fase perjalanan hidup, penyatuan dua hati dalam sebuah ikatan suci pernikahan. Tentunya setiap orang menginginkan prosesi pernikahan terbaik dan tak terlupakan. Prosesi acara, dekorasi, gaun pengantin dan makeup merupakan aspek terpenting yang perlu disiapkan dengan matang.

Berdiskusi mengenai gaun pengantin, tentunya kita dapat menemukan berbagai macam model dan desain dari berbagai wilayah di Indonesia.

Gaun Pengantin Eropa

Gaun pengantin bergaya Eropa ini tentunya bukan berasal dari Indonesia, namun di beberapa wilayah menjadi trend di Indonesia, bahkan menempati peringkat tertinggi dibanding gaun pengantin model lain. Gaun pengantin Eropa yang juga dikenal dengan istilah gaun bridal ini umumnya berwarna putih atau broken white, namun saat ini gaun oengantin eropa didesain dengan berbagai modifikasi dan variasi warna.

Sebagian besar orang lebih memilih untuk menyewa baju pengantin Eropa ini, karena biaya pembuatan yang cukup mahal dan setelah acara tidak terpakai lagi. Harga sewa gaun pengantin Eropa cukup bervariasi, mulai dari 1 s/d 2 juta, bergantung dari model, bahan dan detil pengerjaan. Namun rata-rata biaya sewa gaun pengantin ini sudah sepaket dengan jasa makeup dan hair do, yang notabene jauh lebih murah dan ekonomis.

Jika kamu ingin membeli gaun pengantin Eropa dengan desain dan warna sesuai keinginanmu(beberapa orang ada yang tidak sreg memakai baju sewaan), kamu perlu mempersiapkan dana ekstra berkisar dari 2 s/d 10 juta rupiah.

Berikut merupakan gaun pengantin bergaya Eropa yang sangat populer sepanjang tahun 2016, kamu bisa memakainya sebagai referensi. Sophia Tolli for Mon Cheri (dengan 2 varian gaya, ball gown dan fish cut), lela rose (untuk kamu pecinta gaun pengantin simpel), Stella York dengan potongan punggung rendah dan Allure Bridals (untuk kamu yang menginginkan kesan jenjang).

Gaun pengantin Eropa karya Allure Bridals

Apabila kamu meilih gaun pengantin eropa sebagai kostum dalam prosesi pernikahanmu, tentunya kamu juga harus menyiapkan jas pria yang matching dengan gaun pengantinmu.

Kebaya Pengantin

Kebaya merupakan gaun pengantin khas Indonesia, utamanya pulau jawa, dimana saat ini penggunaannya cukup populer hingga keberbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Burma, serta beberapa wilayah Thailand dan Vietnam. Kebaya didaulat sebagai busana nasional wanita Indonesia.

Kebaya didesain dengan model, warna dan detil yang sangat beragam. Bahkan ada beberapa desainer kebaya Indonesia yang namanya sangat tersohor seperti Anne Avantie, Biyan, Ferry Sunarto, dan lain sebagainya.

Kebaya modern menjadi trending terkini dalam ragam gaun pengantin Indonesia. Model kebaya modern sangat elegan dan cocok digunakan sebagai referensi gaun pengantin masa kini.Beberapa hal penting perlu dipersiapkan apabila memilih kebaya modern sebagai gaun pengantin, seperti sangul modern, makeup yang sesuai, serta beskap untuk pengantin pria dengan warna dan desain senada.

Harga kebaya pun bervariasi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, bergantung pada model, bahan kain, pengerjaan dan desainer yang dipilih.

Gaun Pengantin Ala India

Tidak dipungkiri semakin pesatnya perkembangan sinetron India diberbagai stasiun televisi di Indonesia, membuat gaun pengantin India sangat diminati di Indonesia. Gaun pengantin India yang biasa dikenal dengan sebutan lehenga choli, terdiri dari rok (lehenga), blouse atau atasan (orang India biasa menyebutnya choli) dan selendang.

Desain dari gaun pengantin India ini terbilang cukup elegan dan mewah, harganya pun cukup terjangkau mulai dari 1 s/d 5 juta rupiah. Pemakaian lehenga choli juga terkesan mudah (ga ribet) dan nyaman. Gaun pengantin yang dikenakan orang India umumnya berwarna hijau atau merah, namun jangan khawatir, saat ini berbagai macam warna lehenga dapat kalian temui.

Tips penting saat menggunakan lehenga choli:

  1. Akan lebih matching dan bagus apabila anda menggunakan accessoris India yang sesuai (kalung, anting, hiasan kepala atau maang tika dan gelang).
  2. Pastikan anda melilit atau menggunakan selendang (dupatta) dengan baik dan benar, sehingga tidak terjatuh atau membuat anda merasa tidak nyaman.
  3. Pastikan mempelai pria mengenakan kostum senada. Baju pengantin pria India dikenal dengan sebutan sherwani. Disini anda harus melakukan perpaduan warna terbaik, antara baju mempelai pria dan wanita. Semisal mempelai wanita mengenakan lehenga merah bermotif emas, akan lebih baik jika mempelai pria mengenakan sherwani berwarna emas bermotif merah.

Gaun Pengantin Muslimah

Ketiga gaun pengantin di atas juga dapat digunakan oleh wanita muslimah. Hanya saja desainnya perlu disesuaikan dengan gaya wanita muslimah, seperti lengan panjang, tidak transparan (namun saat ini banyak wanita muslimah lebih memilih menggunakan kaos atau baju inner berwarna senada), dan tentunya hijab yang sesuai dengan baju pengantin tersebut.

Beberapa pengantin muslimah lebih memilih desain yang modern, tetap terkesan stylish dan menawan, tidak jauh berbeda dengan gaun pengantin pada umumnya. Jika kamu memilih untuk menggunakan gaun pengantin muslimah syar’i, berikut merupakan sedikit deskripsi dan tips yang dapat membantumu dalam memilih gaun pengantin muslimah terbaik.

  1. Tentunya anda harus memilih bahan yang tidak transparan, tidak panas, nyaman dan anggun saat dikenakan. Sebagian orang memilih bahan yang tebal agar aurat tertutup dengan sempurna, namun menurut saya bahan yang kalian pilih tidak harus super tebal, karena akan menimbulkan efek gerah dan tidak nyaman. Yang terpenting adalah tidak transparan, bukan ketebalannya.
  2. Ukuran yang anda gunakan haruslah lebih longgar agar tidak menunjukkan lekuk tubuh anda, berikut contoh model yang cocok digunakan
  3. Rok haruslah longgar, mungkin rok dengan model A line atau umbrella cocok untuk kalian kenakan.Rok yang longgar akan membuat anda merasa lebih nyaman.
  4. Pilihlah warna yang lembut, seperti putih dan warna pastel. Jika anda memberikan bordir atau payet pada gaun pengantin anda, tentunya akan lebih baik menggunakan warna yang sama atau senada (sehingga tidak terlalu mencolok).
  5. Siapkan hijab yang sesuai dengan warna bajumu. Anda bisa menambahkan motif di pinggiran kerudung, senada dengan gaun pengantin yang anda kenakan.

Gambar di atas merupakan perpaduan antara kebaya modern dan gaun pengantin Eropa. Didesain dengan warna orange muda dengan hijab dan bunga tangan senada, menjadikan gaun pengantin ini terlihat sangat cantik dan menawan. Dapat dijadikan referensi untuk kamu yang sedang mencari model gaun pengantin muslimah modern.


Tips
Sesuaikan desain pelaminan dengan gaun yang anda dan pasangan anda kenakan. Tidak hanya warna background, kursi dan karpetnya saja, namun pastikan juga hiasan atau aksesoris tambahan yang anda kenakan sesuai dengan aksesoris pelaminan anda (seperti bunga untuk mendekorasi pelaminan harus sesuai dengan bunga tangan anda / hand-bouquet).

Save

Save

Save

Save