Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Undangan Pernikahan

Pernikahan merupakan momen yang paling dinantikan bagi setiap orang.Banyak hal perlu disiapkan dalam sebuah acara pernikahan. Mulai dari tema, dekorasi pesta, gaun pengantin, catering, tempat pelaksanaan acara dan lain sebagainya. Tidak kalah penting dari semua itu adalah undangan pernikahan.

Undangan pernikahan menjadi salah satu hal terpenting, karena setiap orang ingin memiliki acara pernikahan yang perfect dan berkesan. Desain yang menarik atau unik akan membuat undangan pernikahan Anda lebih berkesan.

Contoh Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan pada umumnya diedarkan dua minggu atau paling lambat satu minggu sebelum acara pernikahan dilaksanakan. Undangan bisa dikirim dengan berbagai cara, mulai diantar sendiri, perantara orang lain (dititipkan), dikirim melalui ekspedisi, bahkan melalui sosial media. Oleh karena itu, undangan pernikahan haruslah fleksible dan praktis.

Dalam memilih undangan pernikahan ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Pemilihan undangan pernikahan harus sesuai dengan konsep dan dengan pemikiran yang matang, sebab undangan pernikahan akan menjadi “firts impression” atau kesan pertama tentang pesta pernikahan yang akan Anda selenggarakan. Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan antara lain: budget (dalam hal ini harga undangan), desain, pemilihan tema dan jenis undangan.

Material dan Konsep Undangan Pernikahan

Ada beberapa jenis undangan pernikahan yang perlu Anda ketahui. Jenis – jenis tersebut yakni undangan softcover, hardcover dan undangan semi hardcover. Masing – masing memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dilihat dari jenis dan ketebalan bahan.

Undangan Softcover

Undangan softcover relatif lebih murah dibandingkan jenis undangan lainnya sangat cocok untuk anda yang memiliki keterbatasan budget. Bahan yang biasa digunakan untuk mencetak undangan softcover antara lain:

BW/BC/Linen/Concord : Kertas ini memiliki harga yang cukup murah, permukaannya berteksture, memiliki beragam variasi warna, Gramaturnya mulai dari 160gr, 220gr, dan 250gr.

Samson kraft : kertas undangan ini berwarna coklat muda (seperti kertas bungkus), bahan berasal dari proses daur ulang, dan memiliki permukaan yang agak kasar. Umumnya samson kraf digunakan untuk mencetak undangan pernikahan dengan konsep di gulung.

Art Paper : Kertas undangan ini memiliki permukaan yang licin dan semi doff (matt). Hasil cetakan pada art paper jauh lebih bagus dibandingkan kertas HVS. Hal ini dikarenakan rasternya halus dan tidak menyerap cat, sehingga warna yang dihasilkan lebih solid.

Kertas Jasmine : Kertas jenis ini sangat populer dan paling banyak digunakan dalam mencetak undangan. Kertas ini terkesan mewah karena memiliki gliter-gliter berwarna pada permukaannya. Memiliki dua jenis gramatur yaitu tebal dan tipis, namun memiliki beragam variasi warna,

Mecy Paper : Untuk spesifikasi dan gramaturnya sama seperti kertas jasmine, namun Mecy Paper memiliki permukaan yang bertekstur (juga glitter).

Agar undangan softcover terlihat menarik atau elegant, kita perlu memikirkan desain dan perpaduan warna yang menarik dan elegant. Untuk mempercantik penampilan undangan pernikahan ini biasanya dihiasi dengan amplop senada atau pita di bagian luar undangan. Kisaran harga untuk undangan pernikahan softcover antara Rp 1.000– Rp 4.000 per undangan.

Undangan Semi Hardcover

Undangan pernikahan semi hardcover merupakan perpaduan dua jenis undangan pernikahan di atas. Undangan pernikahan jenis ini umumnya berisi lebih dari satu lembar kertas, dengan desain lipatan yang teridiri dari dua atau tiga lipatan. Untuk kertas yang digunakan tidak jauh berbeda dengan jenis undangan softcover (yang membedakannya adalah ketebalan kertasnya). Kisaran harga untuk undangan pernikahan semi hardcover yakni Rp 3.000 hingga Rp 8.000.

Undangan Hardcover

Berbeda dengan undangan pernikahan softcover, undangan pernikahan hardcover merupakan jenis undangan yang tergolong paling mahal. Karena pada pembuatannya dibutuhkan bahan tambahan selain kertas seperti karton padi, hotprint berwarna emas atau perak dan aksesoris tambahan seperti sudut buku (biasanya berwarna emas pada sudut – sudut undangan) atau tambahan desain pada cover yang membuat desainnya seolah-olah 3D (biasanya inisial nama pengantin).

Berikut beberapa review mengenai jenis kertas undangan hard cover:

Kertas Art paper dengan gramatur yang tebal, Kertas Karton Padi untuk covernya dan kertas Jasmine untuk bagian isinya.

Kertas Art Carton : Jenis kertas ini hampir sama dengan art paper, namun srt carton lebih tebal dibandingkan dengan art paper. Gramatur kertas art carton cukup bervariasi, mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

Kertas Ivory : Jenis kertas ini hampir sama seperti kertas Art Carton, namun art carton memiliki 2 sisi kertas yang licin, namun kertas Ivory hanya 1 permukaannya yang licin.

Jenis kertas lain yang digunakan antara lain : kertas BC, samson, jasmine, fancy emboss, doff dan lain – lain

Untuk kisaran harga undangan pernikahan jenis ini yaitu bekisar antara Rp 3.000 hingga Rp 12.000 per undangan.
Mengenai isi atau konsep dari undangan, mayoritas isinya sama yakni terdapat nama kedua mempelai, tempat acara berlangsung, waktu dan alamat.

Biasanya dalam undangan ditambahkan kata – kata bijak atau kutipan dari kitab mengenai pernikahan untuk melengkapi bagian yang kosong.

Untuk mempermudah tamu undangan menemukan lokasi acara pernikahan, biasanya pada undangan disertakan denah lokasi. Hal ini sangat membantu para tamu yang tidak mengetahui rumah ataupun lokasi pernikahan.

Desain Undangan Pernikahan

Desain undangan pernikahan sangatlah beragam. Berbagai tema dapat Anda pilih sesuai keinginan atau tema pesta Anda. Telah banyak desain undangan yang tersedia di katalog – katalog milik percetakan undangan, juga saat ini telah dipermudah dengan cara googling atau adanya sosial media.

Ada beberapa orang yang menginginkan desain khusus undangan pernikahannya. Biasanya mereka mendesain sendiri mulai dari tema, kertas dan model undangannya sesuai budget yang dimilki.

Desain undangan ada yang terinspirasi dari segi kegunaan. Maksudnya adalah undangan tersebut bukanlah sekedar undangan biasa yang setelah dibaca kemudian dibuang, akan tetapi undangan ini bisa dimanfaatkan untuk lainnya. Contoh undangan ini yakni undangan dengan bentuk kipas, gelas, tempat tisu, tas kain, pigora, buku, blocknote, sapu tangan dan kalender.

Selain itu, terdapat desain undangan yang mencantumkan beberapa foto calon kedua mempelai yang biasa disebut dengan foto prewed. Adanya foto dalam undangan merupakan variasi agar undangan terlihat lebih hidup dan menarik.

Desain Undangan Pernikahan Simple dan Elegan

Undangan pernikahan sebenarnya tidak perlu yang rumit dan terlalu ramai. Hal tersebut dikarenakan orang akan malas membukanya dan membacanya. Desain undangan pernikahan yang paling pas yakni undangan dengan desain yang simple namun menarik, terlebih jika terkesan elegan. Dengan begitu orang yang menerima undangan akan sangat senang dan ingin segera membuka serta membacanya.

Desain undangan yang simple memiliki beragam bentuk. Ada yang berbentuk satu lipatan atau dua lipatan saja, sehingga hanya tinggal membuka lipatannya saja sudah terbaca isinya. Ada pula yang hanya dimasukkan dalam amplop dan Anda tinggal menariknya keluar. Satu lagi, yakni undangan yang hanya ditali pita sederhana.

Desain undangan yang minimalis akan menambah kesan elegan. Selain itu bahan atau kertas yang digunakan juga mempengaruhi tampilan undangan pernikahan, semakin berkualitas bahan yang digunakan semakin terlihat eksklusif.

Mendesain undangan haruslah tepat dan sesuai. Baik itu meniru ataupun membuat desain sendiri. Ada beberapa tips dalam membuat undangan pernikahan, yaitu :

Sesuaikan dengan konsep pernikahan

Undangan pernikahan tentu harus sesuai dengan tema pesta pernikahan dan juga mempertimbangkan tamu atau relasi yang akan diundang.

Bentuk undangan yang eksklusif akan tampak aneh jika digunakan untuk pesta yang sederhana, begitu juga undangan dengan bentuk simple untuk pesta pernikahan yang besar dan diselenggarakan di tempat yang mewah juga akan mengurangi penghargaan terhadap para tamu dan relasi yang diundang.

Mencari referensi model undangan

Bisa Anda cari dengan googling atau mencari di media – media sosial. Selain desain, pertimbangkan juga bahan, bentuk dan warna. Pilihlah bahan yang bagus walaupun itu sederhana, bentuk yang proporsional (tidak terlalu besar atau terlalu kecil) dan warna yang menarik.

Mendesain ulang

Jika ada yang kurang pas atau kurang sesuai dengan model yang telah anda pilih, Anda dapat memodifikasinya agar mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan Anda.

Konsultasikan desain

Setelah mendapatkan desain yang sesuai jangan memutuskannya terlebih dahulu, karena hal ini menyangkut Anda dan calon pasangan Anda. Maka dari itu konsultasikan terlebih dahulu dengan calon pasangan Anda agar sama – sama tahu dan menjadi keputusan bersama.

Mencari percetakan

Setelah mendapat desain yang sesuai, barulah mencari percetakan yang hasilnya bagus dan rapi. Jangan lupa untuk menentukan berapa jumlah undangan yang akan diedarkan, hindari mencetak undangan dengan jumlah yang pas, lebih baik dilebihkan sedikit.

Background Undangan Pernikahan

Yang membuat desain undangan menarik yaitu background dari undangan pernikahan tersebut. Bahan adalah yang berikutnya. Semakin bagus akan semakin menarik meskipun desainnya simple. Berikut beberapa background undangan yang bisa Anda contoh.

Background undangan pernikahan yang simple bercirikan dengan gambar atau motif yang minim dan lebih bermain pada warna. Kelebihan dari background undangan yang simple yakni isi atau tulisan dari undangan tersebut dapat terlihat lebih jelas dan juga terlihat lebih elegan.

Ada pula background undangan yang terkesan ramai. Biasanya undangan semacam ini menggambarkan pesta yang akan diselengarakan adalah pesta yang meriah dan hangat. Terlebih dengan warna yang cerah, hal ini mewakili sifat ceria orang yang menyelenggarakan pesta tersebut.

Foto prewedding juga dapat dijadikan background undangan. Hal ini sesuai untuk anda yang ingin menampilkan suasana berbeda pada undangan pernikahan anda, dengan memilih foto prewed sebagai background undangan. Biasanya background seperti ini dikombinasi dengan warna polos senada.

Untuk Anda yang menginginkan background undangan yang elegan, pilihlah background dengan warna – warna mewah seperti silver, gold, hitam, putih dan merah. Selain darisegi warna, Anda bisa memilih background dengan tema vintage untuk memperoleh kesan mewah pada undangan pernikahan Anda.

Batik juga bisa dijadikan sebagai background undangan Anda. Motifnya yang bersifat etnik, memberikan inovasi berbeda. Motif batik untuk background undangan umumnya dikombinasikan dengan warna hitam, gold atau coklat tua.

Desain Undangan Pernikahan Unik

Ingin desain undangan pernikahan Anda berbeda dengan biasanya? Berikut ada beberapa contoh undangan pernikahan hasil dari kreatifitas desainer grafis yang bisa Anda tiru.

Undangan pernikahan ini awalnya terlihat simple berbentuk persegi. Namun ketika dibuka terlihat sangat unik, yakni didesain dengan konsep 3D. Undangan pernikahan ini tergolong sangat unik dan memerlukan budget yang cukup mahal.

Tiket boarding pass menjadi salah satu inspirasi untuk membuat desain undangan pernikahan. Dengan model dan bentuk yang hampir mirip dengan tiket pesawat sebenarnya, undangan pernikahan ini terlihat unik dan simple. Undangan pernikahan ini cocok untuk anda yang memiliki budget minim, namun ingin menampilkan desain yang unik dan elegan.

Kartu Tanda Penduduk atau KTP pun bisa dijadikan ide untuk mendesain undangan pernikahan. Dilengkapi dengan map arsip kependudukan yang dijadikan amplop undangan, menjadikan desain undangan ini sama dengan KTP asli. Desain ini juga cocok untuk anda yang berbudget minim.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, undangan pernikahan dapat dibuat dengan mempertimbangkan kegunaannya. Desain undangan pernikahan dalam bentuk gelas dan kipas contohnya. Unik dan bermanfaat bagi tamu undangan.

Tidak disangka bahwa desain undangan pernikahan dengan model komik ternyata juga unik dan menarik. Penataannya yang sama dengan isi komik, membuat undangan pernikahan model ini tidak nampak seperti undangan pada umumnya. Konsepnya sangat unik dan lucu.

jika Anda seorang gamers, desain undangan pada gambar di atas mungkin akan cocok dengan Anda. Gambar serta tulisan yang mirip dengan penampakan game terlihat sangat lucu. Desain yang sederhana namun sudah memenuhi isi dari undangan.

Save

Save