Inspirasi Jaket Pria dan Wanita Terkini

Jaket merupakan pakaian atau baju yang berfungsi sebagai penghangat tubuh ketika cuaca dingin. Selain sebagai penghangat, jaket juga dapat dijadikan sebagai trend fashion tersendiri (umumnya untuk kalangan pria) untuk membuat penampilan lebih menarik.

Terdapat beberapa variasi jaket, diklasifikasikan berdasarkan bahan dan modelnya. Anda dapat menyesuaikan dengan keinginan Anda atau kebutuhan Anda. Biasanya orang-orang di daerah pegunungan yang bercuaca dingin selalu memakai bahan yang sangat tebal dan bahkan di beberapa daerah jaket terbuat dari kulit binatang, seperti kulit sapi dan kulit domba. Namun jaket berbahan kulit binatang asli memiliki harga yang mahal.

Jaket Pria

Kaum pria sangat suka mengenakan jaket dan menjadi fashion tersendiri bagi kalangan pria. Ada yang bilang bahwa pria yang mengenakan jaket dapat membuat penampilannya lebih keren. Terlebih jika yang dikenakan adalah jaket polos dengan desain yang elegan.

Jaket pria memiliki model yang cukup bervariasi, seperti parasut, hoodie, parka, kulit, bomber dan lain sebagainya. Untuk desain jaket pria pada prinsipnya sama, yang membedakan adalah jenis bahan yang dipakai.

Jaket Parasut

Jaket Parasut merupakan salah satu model yang sering di cari oleh banyak orang. Jaket parasut biasanya terbuat dari bahan dasar tashkan paracut yang mempunyai keunggulan antara lain tahan air, sehingga jaket dengan bahan ini sangat sesuai ketika digunakan saat musim hujan.

Ada beberapa orang yang suka mengenakan jaket parasut ini untuk berolahraga. Tujuannya adalah agar lemak cepat terbakar dan banyak mengeluarkan keringat. Namun pemikiran tersebut kurang tepat. Penggunaan jaket parasut hanya bisa membantu mempercepat untuk berkeringat, bukan membakar lemak. Jika Anda menggunakannya untuk berolahraga, justru akan membuat Anda dehidrasi, akibat banyaknya keringat yang keluar.

Oleh karena itu, jaket parasut lebih cocok digunakan untuk bepergian (mengenakan motor), terlebih ketika musim hujan. Selain anti air, desainnya cukup menarik dan konsepnya tergolong modis.

Jaket Bomber

Jaket bomber semula hanya dipakai para pilot atau penerbang pesawat tempur di era perang dunia. Jaket bomber berbahan parasut tebal dan terdiri atas dua lapis. Dulu, bomber didesain dengan warna hijau dengan lapisan oranye di bagian dalam. Saat ini, selain dari bahan parasut, jaket bomber juga dibuat dari bahan kulit dengan kerah berbulu tebal.

Jaket bomber dulunya berfungsi untuk menghangatkan tubuh pilot. Karena kokpit pesawat di zaman dulu, belum tertutup rapat seperti sekarang. Bagi para pilot pesawat tempur, jaket bomber juga menjadi cara aktualisasi diri. Pada bahan polos itu mereka tambahkan emblem warna-warni bergambar pesawat di skuadron tempat mereka bertugas. Tanda wing penerbang juga disematkan di bagian dada yang semakin menambah gagah pemakainya.

Adanya perkembangan fashion, kini jaket bomber menjadi tren tersendiri dikalangan anak muda. Banyak remaja pria yang memburu jaket pilot ini. Dengan banyak pilihan warna dan variasi desain, membuat penggunanya terlihat semakin cool.

Jaket Parka

Jaket parka pada umumnya dikenakan atau dipakai oleh militer angkatan udara pada tahun 50-an dan memiliki fungsi melindungi tubuh dari kondisi alam yang ekstrim. Kini jaket parka bukan hanya dipakai oleh para militer angkatan udara saja, namun sudah menjadi fashion item yang wajib di miliki oleh pria saat ini.

Selain membuat gaya Anda semakin keren, tentunya parka dapat melindungi Anda dari cuaca dingin, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat jaket parka berbeda dengan bahan yang digunakan jaket pada umumnya.

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat jaket parka antara lain :

Cotton twill

Cotton twill merupakan bahan yang mempunyai serat yang halus dan sangat nyaman jika di pakai karena kainnya lembut dan tidak kaku. Cotton twill merupakan bahan yang dapat membuat parka terlihat lebih elegan.

Kanvas

Pasti Anda sudah mengerti bahwa kain canvas merupakan kain yang keras dan cukup kuat, akan tetapi memiliki serat yang bagus dan salah satu bahan terbaik untuk membuat jaket parka terlihat lebih gagah, bahan ini umumnya digunakan untuk membuat parka untuk militer.

Taslan

Kain taslan merupakan kain yang berbahan waterproof dimana bahannya sama dengan kain parasut. Kain taslan memiliki kandungan polyester yang sangat tinggi, hal inilah yang membuat kain taslan tahan air.

Kombinasi Nilon dan Katun

Biasanya bahan katun dipakai untuk lapisan dalam, yang berfungsi untuk menyerap keringat dan tidak akan membuat pemakainya merasa gerah meskipun dipakai pada cuaca biasa. Pada bagian luar dari jaket terbuat dari nilon atau polyester sintetis yang umumnya memiliki warna yang terkesan elegan dan menarik. Bahan nilon untuk lapisan luar yang membuat jaket ini tahan terhadap air.

Kombinasi Wool, Dacron dan Nilon Poliester

Jaket parka biasanya menggunakan bahan dacron untuk bagian dalam dan untuk bahan luar, ada yang memilih bahan nilon, terkadang dikombinasikan dengan polyester sehingga lebih tahan air.

Jaket Vans

Jaket dengan merk Vans saat ini juga sedang naik daun. Merk atau brand asal California, Amerika ini memiliki variasi desain yang cukup banyak. Ciri khas dari jaket ini yakni memiliki topi.

Jaket Vans umumnya didesain dengan konsep oblong mirip seperti sweater. Sehingga sangat cocok jika dikenakan untuk bersantai. Bahan yang sering digunakan adalah bahan kaos yang nyaman, maka dari itu jaket vans tidak menimbulkan rasa gerah saat dikenakan.

Jaket Hoodie

Simpelnya, Hoodie adalah sweater yang memiliki penutup kepala. Hoodie berasal dari bahasa inggris Hood yang artinya adalah Tudung (Penutup kepala), jadi sudah jelas mengapa dinamakan Hoodie. Hoodie biasanya memiliki design dengan kantong atau saku pada bagian depan, dan memiliki tali untuk menyesuaikan penutup kepalanya. Pada bagian depan Hoodie umumnya memiliki resleting atau zipper dan ada juga yang tanpa pembuka dibagian depannya. Seringkali hoodie digunakan pada saat jogging atau berolahraga agar suhu tubuh meningkat.

Jaket hoodie tergolong ringan namun fashionable. Terdapat dua jenis hoodie, ada hoodie yang memiliki zipper dan ada pula hoodie tanpa zipper. Hoodie tanpa zipper biasa disebut dengan jemper. Sedangkan hoodie yang memiliki zipper yang sedang trend saat ini yakni hoodie ninja.

Hoodie ninja memiliki zipper hingga menutup sebagian wajah sampai batas hidung. Hal ini mirip dengan gaya ninja, oleh karena itu hoodie model ini disebut hoodie ninja. Keunggulan dari hoodie ninja yakni lebih hangat, karena zipper mampu menutup hingga atas sehingga meminimalisir jalannya angin masuk ke dalam tubuh.

Jaket Varsity

Jaket varsity atau yang awalnya bernama jaket baseball. Pada prinsipnya varsity dan jaket baseball itu sama, yakni terdiri dari dua kombinasi warna, dan didesain dengan konsep sporty. Warna jaket bagian lengan hingga pergelangan tangan akan berbeda dengan bagian yang menutupi area dada dan punggung.

Hampir setiap pemain baseball memiliki model jaket ini. Jika jaket varsity pada eranya memiliki desain dengan nafas olahraga dan sportivitas, kali ini desain jaket varsity lebih bervariasi. Desain utama tetap menggunakan batas-batas warna yang terpisah antara bagian badan dan lengannya. Warna yang dipakaipun masih sebatas dua warna yang kontras saja, tapi ada juga beberapa model varsity yang hanya menggunakan satu warna.

Dari segi model, sekarang ini banyak varsity yang dikombinasikan dengan tambahan hoodie atau tutup kepala. Sebagian orang menyebutnya jaket varsity hoodie. Selain itu, desain jaket varsity juga sudah beragam dan tidak terbatas pada inisial huruf, angka atau simbol saja. Banyak juga yang membuat jaket varsity dengan desain superhero, kartun, hingga maskot populer lainnya.

Jaket Wanita

Terkadang wanita tidak begitu menyukai jaket, pasalnya outer ini dapat menutupi keindahan busana yang dikenakan. Umumnya wanita akan memakai jaket pada saat kondisi yang benar – benar dibutuhkan, seperti cuaca dingin, mengenakan baju terbuka ataupun mengendarai motor.

Jaket wanita tidak kalah variatifnya dengan pria. Hampir semua jaket pria yang telah dibahas di atas juga merupakan model jaket wanita. Adapun perbedaannya hanya pada potongan, warna dan kombinasinya saja. Seperti halnya parka, ada jaket parka untuk pria dan ada pula parka untuk wanita.

Adapun model jaket wanita antara lain jeans, jaket kulit wanita, bomber, parasut dan lain sebagainya. Untuk detail jaket sebagian telah dijelaskan di atas dari segi bahan dan kegunaan.

Dari sekian banyak model, jaket kulit wanita menjadi primadona di dunia fashion wanita. Jaket dari bahan kulit binatang ini memang memiliki kualitas yang juara. Siapaun yang mengenakannya akan terlihat modis dan elegan.

Bukan Korea namanya jika belum menampilkan busana fashion terkini. Jaket dengan desain coat ala Korea ini mampu memikat banyak wanita. Dengan model long and fit ini, dapat membuat penampilan Anda terlihat anggun.

Selain itu, outer wanita yang sedang hits saat ini yaitu model jaket jeans. Dari namanya tentunya sudah jelas bahwa bahan yang digunakan adalah jeans. Beberapa yang menyebutnya dengan jaket denim. Jaket jeans menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki, dan tidak ada batasan umur untuk penggunanya. Dipadukan dengan item fashion apapun, outer jeans akan terlihat menawan.

Jaket jeans tergolong bergaya casual, anda bisa memadukannya dengan kaos dan celana jeans polos senada. Tidak hanya d dipadankan dengan celana jeans, jaket jeans juga dapat dikenakan dengan dres atau atasan dan rok atau bawahan, pilihlah jaket jeans yang memiliki desain simple dan tidak terlalu panjang.

Save

Save