Model Jaket Kulit Wanita Terbaik dan Cara Perawatannya

Jaket kulit memiliki tempat tersendiri bagi pecinta fashion, baik pria maupun wanita. Jaket yang terbuat dari kulit binatang asli yang di desain dan dimodifikasi dengan beberapa proses. Atas dasar itulah, jaket kulit tergolong mahal dan lumayan menguras kantong.

Kualitas jaket kulit tidak diragukan lagi, selain awet juga terlihat sangat elegan. Maka dari itu, banyak wanita yang ingin memilikinya. Beberapa orang menggunakan jaket kulit untuk menghangatkan badan, ada pula yang sekedar ingin mengoleksi.

Jaket kulit wanita didesain lebih feminin dibandingkan dengan jaket kulit pria, namun umumnya keduanya sama – sama didesain dengan model slim fit, yaitu pas atau mengikuti bentuk tubuh. Dan model jaket kulit wanita memiliki lebih banyak variasi dibandingkan jaket kulit pria yang cenderung begitu – begitu saja.

Model Jaket Kulit Wanita

Jaket kulit wanita ada yang terbuat dari kulit hewan asli dan ada pula yang terbuat dari kulit sintetis. Untuk jaket kulit yang asli biasanya lebih banyak menggunakan atau terbuat dari kulit domba (yang terbaik), selain itu beberapa jaket kulit juga didesain dengan kulit hewan lainnya seperti kambing dan sapi. Dimana jaket kulit yang dihasilkan umumnya lentur, memiliki warna yang terang (bahkan sebelum pewarnaan), tidak kaku (nyaman), tidak banyak sambungan, tidak berbau dan memiliki pori – pori kecil.

Jaket kulit asli dibandrol dengan harga di atas Rp 800.000,- bahkan mencapai jutaan rupiah, bergantung pada model, brand, dan material penyusunnya.

Untuk menyesuaikan dengan kalangan menengah ke bawah, jaket kulit juga didesain dengan harga murah, dengan bahan kulit sintetis. Jaket kulit wanita yang terbuat dari kulit sintetis memiliki harga yang jauh lebih murah sekitar Rp 200.000,-. Untuk bahan sudah pasti jauh berbeda, dimana bahan sintetis memiliki daya tahan yang rendah (mudah sobek), biasanya berbau vinil, jika diraba terasa lengket dan jika dibakar akan mengkerut.

Model jaket kulit ala Korea banyak diminati oleh kaum wanita. Karena jaket kulit model Korea memiliki model yang bervariasi. Ada yang didesain menyerupai blazer dengan resleting atau kancing. Sehingga jaket kulit model seperti ini dapat dikenakan pada acara semi formal, maupun bersantai namun tetap terlihat berkelas.

Dengan berbagai macam warna yang elegan seperti hitam, merah dan cokelat (tua dan muda), membuat semua wanita semakin menyukai jaket kulit. Kesan mewah dan elegan akan anda dapatkan saat mengenakannya.

Kalangan selebritis mancanegara seperti Kristen Stewart juga menyukai jaket kulit. Dengan warna hitam dan model yang stylish, membuat penampilan Kristen semakin fashionable.

Cara Merawat Jaket Kulit

Jaket kulit merupakan salah satu pakaian yang memerlukan perawatan khusus. Karena apabila mendapatkan perawatan yang salah akan membuat kualitas jaket kulit menurun dan mudah rusak. Berikut beberapa tips dalam merawat jaket kulit agar kualitasnya tetap terjaga.

Jaket Kulit Basah

Tidak jarang jaket kulit digunakan untuk berkendara sepeda motor dan tidak jarang pula ketika musim hujan datang jaket basah terkena air hujan. Jika jaket kulit anda basah, anda harus segera menjemurnya di tempat yang hangat atau cukup dengan diangangin – anginkan agar cepat kering.

Jangan menimbun atau menumpuk jaket kulit yang basah dengan cucian atau pakaian lainnya. Hal ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada jaket kulit anda. Terlebih jika dibiarkan pada jangka waktu yang lama, jamur akan timbul (bercak – bercak putih dipermukaannya).

Akan tetapi jika jaket kulit terlanjur berjamur, maka Anda dapat menggunakan cuka untuk menghilangkannya. Caranya, campur air dan cuka dengan perbandingan 1:1 kemudian gosok dengan menggunakan kain halus ke daerah permukaan jaket yang berjamur. Tips ini juga bisa anda gunakan untuk membersihkan jamur pada tas maupun sepatu kulit yang anda miliki.

Menghilangkan Lipatan

Masalah yang sering timbul pada jaket kulit adalah adanya lipatan, yang umumnya muncul pada bagian lengan. Hal ini tergolong wajar karena seringnya pemakaian. Untuk mengatasinya cukup mudah, yakni dengan cara menggosokkan lotion (cairan atau pelembab) pada bagian yang mengkerut. Lakukan secara hati – hati dan berulang hingga kondisinya membaik.

Lotion juga dapat menjaga kelenturan jaket kulit. Dengan mengoleskan lotion setiap sebulan sekali, setelah itu diamkan selama satu jam lalu bersihkan kembali dengan kain halus.

Membersihkan Noda yang Menempel

Jaket kulit terkadang secara tidak sengaja terkena noda yang sulit dihilangkan seperti spidol, tinta dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan semir sepatu untuk menutupinya. Tinggal pilih warna semir yang sesuai dengan warna jaket kulit Anda.

Caranya cukup mudah, oleskan semir di atas noda yang menempel pada jaket secara merata. Setelah itu diamkan hingga semirnya kering. Jika ingin semir kering lebih cepat, Anda oleskan minyak goreng ke atasnya lalu gosok dengan menggunakan kapas.

Memperbaiki Resleting

Untuk mengatasi resleting yang macet, Anda dapat memperbaikinya dengan menggunakan lilin yang dioleskan pada resleting. Kemudian gerakan kepala resleting ke atas bawah, maka resleting akan normal kembali. Namun apabila resleting masih macet, coba di cek bagian dalam resleting apakah terdapat kerak berwarna putih. Jika terdapat kerak berwarna putih, tidak ada solusi lain selain mengganti resleting secara keseluruhan.

Mengatasi Warna yang Kusam

Jika jaket kulit Anda telah kusam, satu – satunya cara adalah gunakan cat khusus untuk membuat jaket kulit Anda nampak cerah dan terlihat baru kembali.

Menyimpan Jaket Kulit

Simpan jaket kulit pada tempat yang tidak lembab. Hal ini menjauhkan jaket kulit Anda dari serangan jamur. Selain itu, jangan melipat jaket kulit (jika anda ingin jaket anda awet). Cukup gantung jaket kulit di lemari atau di tempat lainnya. Hindari pemakaian bahan kimia seperti parfum pada jaket kulit, karena dapat merusaknya.

Cara Mencuci Jaket Kulit

Merawat jaket kulit memang sedikit membutuhkan kesabaran dan keseriusan, karena bahannya yang tidak biasa dan membutuhkan perawatan khusus. Jaket kulit tidak perlu dicuci seperti mencuci pakaian pada umumnya yang dibilas dengan air dan detergen. Pencucian jaket kulit sedikit berbeda dan memerlukan ketelitian (hati-hati) dalam proses pembersihannya.

Cara mencuci jaket kulit asli dengan jaket kulit sintetis pada dasarnya sama saja. Sebelum mencuci jaket kulit pastikan terlebih dahulu ketahanan bahan dari jaket tersebut. Caranya cukup usapkan handuk putih basah pada bagian kecil jaket dan tidak terlihat. Jika terdapat noda pada handuk itu artinya jaket tersebut mudah luntur. Jika demikian, jangan mencuci jaket tersebut dengan air agar warnya tidak pudar. Cukup mengelapnya dengan kain basah pada permukaan jaket secara searah.

Untuk jaket kulit yang tidak menimbulkan noda pada handuk, Anda dapat mencucinya menggunakan mesin cuci atau dengan tangan. Namun, perlu Anda cermati bahwa mencucui jaket kulit tidak diperlukan detergen. Pemakaian detergen akan merusak jaket Anda menjadi retak – retak. Sebagai alternatif bisa Anda gunakan sampo atau sabun mandi bayi.

Jika Anda ingin mencuci jaket kulit, gunakan air dingin saja. Meskipun air panas dapat mempermudah menghilangkan noda yang membandel, namun pada jaket kulit hal ini tidak berlaku. Karena air panas akan merubah bentuk jaket kulit.

Dan jika Anda akan mencuci jaket kulit Anda menggunakan mesin cuci, hal itu boleh – boleh saja. Asalkan Anda memberikan perlindungan terhadap jaket kulit Anda dengan cara membungkusnya dengan tas laundry. Hal ini menghindari jaket Anda dari gulungan mesin cuci yang akan merusak kulit. Gunakan pula putaran mesin yang “soft”.

Untuk jaket kulit yang bagian dalamnya terbuat dari bulu sintetis dan suede yang berbau keringat, ambilah air dan busa sabun mandi kesukaan Anda ( jangan terlalu banyak) kira-kira sampai air kelihatan sedikit keruh dari sabun. Jangan gunakan detergen, karena akan merusaknya. Usaplah kesatu arah secara perlahan dengan menggunakan kain lembut yg basah (telah diperas). Lakukan hal ini berkali-kali ke satu arah sampai bau keringat/bau yang tidak sedap hilang.

Jaket Semi Kulit

Jaket semi kulit biasa disebut dengan jaket kulit sintetis. Umumnya jaket semi kulit ini terbuat dari bahan Ferrari dan Oscar. Bahan yang halus dan tetap nyaman dipakai meskipun tergolong murah dibandingkan dengan jaket kulit asli.

Variasi model jaket semi kulit tidak kalah dengan jaket kulit asli. Modelnya cukup beragam dan mudah didapatkan. Pilihan warnanya pun juga banyak. Cocok untuk Anda yang ingin bersantai, namun tetap terlihat anggun.

Save