40 Model Jas Pria dan Wanita Terbaru

Jas merupakan pakaian formal yang memiliki ciri khas tersendiri. Baju ini pertama kali diperkenalkan di negara Perancis sebagai fashion pria yang kemudian dikembangkan oleh orang Inggris.

Jas biasa dikenakan pada acara formal seperti pernikahan, wisuda, meeting dengan relasi kerja dan acara besar lainnya. Baju ini berupa setelan yang artinya penggunaannya harus disertai dengan pelengkapnya seperti kemeja, dasi, celana panjang dan sepatu.

Model Jas Pria

Jas dapat dikatakan baju kebesaran pria. Karena setiap pria yang mengenakan jas akan terlihat berwibawa dan maskulin. Walaupun model jas pria terlihat monoton, namun jas menjadi baju formal favorit.

Dari segi formalitas, jas pria ada yang formal, semi formal dan casual.

Jas Pria Formal

Selain menghadirkan warna yang monokrom, ditahun ini model jas pria formal didominasi dengan warna-warna “agak cerah” seperti hijau, merah hati, abu- abu dan warna kilau seperti silver dan gold.

Untuk menambah kesan glamour dengan kemasan yang lebih formal, penggunaan dasi di tambah dengan aksen atau bros kecil sebagai aksesoris, akan membuat anda terlihat lebih berwibawa. Apalagi dengan kancing rangkap yang memang menjadi trend saat ini.

Jas Pria Semi Formal

Model jas ini biasanya dikenakan ketika menghadiri acara semi formal, seperti pada pesta ulang tahun, atau acara wisuda. Dengan warna yang cenderung tak terlalu cerah, umumnya didominasi oleh warna yang sedikit gelap seperti merah tua, grey, biru tua, dan hitam. Anda bisa mengenakannya bersamaan dengan kemeja maupun kaos simple. Untuk desainnya, beberapa model jas semi formal dilengkapi model seperempat lengan (setengah tiang).

Penggunaan kancing serta aksesorisnya juga tak sebanyak ketika anda mengenakan jas formal, atau bahkan tidak ada sama sekali. Tetapi perlu anda ketahui juga jas yang bernuansa formal dapat anda modifikasikan sebagai jas semi formal, dengan syarat anda harus pintar-pintar untuk mix and match. Caranya dengan mengenakan celana jeans, yang dipadukan dengan sepatu boots tinggi. Pemilihan warna jeansnya juga tidak harus sama dengan warna jas yang penting tetap senada.

Jas Pria Casual

Model jas casual banyak diminati oleh remaja Asia khususnya di negara Korea selatan dan Cina yang saat ini juga mulai di gandrungi remaja indonesia. Karena model jas casual ini memiliki model dan warna yang lebih variatif dibanding model jas pria lainnya.

Dengan berbagai pilihan motif seperti stipped, batik, atau square mampu membuat mereka para pria tampil lebih unik, manis, dan casual tentunya. Umumnya berbagai model jas casual ini dipadukan dengan celana pendek (short pant), dan beberapa diantaranya didesain seperempat lengan. Model jas ini juga bisa di Mix and matchkan bersama celana cargo yang akan membuat penampilan Anda lebih stylish, dan modern.

Jas Wanita

Umumnya jas identik dengan fashion pria, namun seiring dengan perkembangan zaman, kini jas juga menjadi trend fashion wanita. Selain berwibawa, wanita yang mengenakan jas akan tampak lebih anggun dan elegan.

Jas wanita biasa dikenakan dengan bawahan rok span pendek atau panjang, bisa juga dengan celana panjang. Jas wanita lebih lentur jika dibandingkan dengan jas pria yang cenderung kaku. Sehingga wanita yang mengenakan jas tidak akan terlihat kaku, melainkan tampak lebih tegas dan berwibawa.

Model Jas Wanita

Banyak kaum wanita yang tidak asing lagi dengan jas. Dulu, jas yang hanya dikenakan pada acara formal, kini menjadi lebih fleksibel. Dengan model yang cantik dan bervariasi membuat wanita semakin menyukai pakaian ini.

Model jas wanita banyak berkiblat dari negara remaja yaitu Korea. Negara dengan fashion kalangan muda yang sedang blooming akhir – akhir ini. Pada prinsipnya jas pria dan jas wanita hampir sama, ada yang berupa setelan ada yang berdiri sendiri. Yang membedakan hanyalah jas wanita lebih ramping di bagian pinggang, karena menyesuaikan dengan bentuk tubuh wanita yang ramping.

Jas bagi wanita biasa digunakan untuk bekerja atau acara formal lainnya. Dengan banyak pilihan warna yang cantik, para wanita lebih fleksibel untuk mengenakannya pada berbagai acara. Sehingga jas tidak lagi dikenakan ketika acara formal saja, melainkan bisa dibuat model casual untuk bersantai.

Wanita berhijab pun juga dapat mengenakan jas sebagai pakaian formalnya. Anda hanya perlu memadukannya dengan hijab yang sesuai agar terlihat bagus. Pemakaian jas dipasangkan dengan hijab yang model masuk ke dalam bzju atau hijab yang pendek, agar model jas terlihat.

Jas Pengantin Pria

Busana terbaik pengantin pria adalah jas, khsususnya setelan jas. Bagi setiap pria yang akan menikah dan menjadi pengantin, tentunya akan mendambakan busana yang istimewa dan dapat membuat penampilannya bak seorang pangeran.

Untuk mendapatkan penampilan yang maksimal, Anda harus benar – benar cerdas dalam memilih dan memadupadankan busana yang anda kenakan, terlebih untuk acara istimewa seperti pernikahan. Sekedar tips untuk Anda, jika Anda menginginkan tampilan dengan kesan eksklusif dan elegan, maka pilihlah setelan jas berwarna gelap seperti hitam, merah marun dan biru dongker. Namun jika Anda ingin memberikan kesan cool dan menarik, maka warna cerah seperti putih, silver dan gold, akan sangat cocok untuk anda.

Beberapa orang yang memiliki postur tubuh gemuk, terkadang kurang percaya diri untuk mengenakan jas formal, utamanya yang didesain dengan konsep stylish (seperti slimfit atau agak ketat). Untuk anda yang memiliki tubuh gemuk dan ingin menggunakan setelan jas yang stylish, tentunya anda harus sedikit jeli dalam memilih atau mendesain jas yang akan anda kenakan.

Pertama sesuaikan event yang akan anda hadiri, misalnya untuk menghadiri pesta, anda bisa mengenakan jas casual yang agak longgar dan tanpa mengenakan kancing dibagian perut (terutama jika anda berperut gendut).

Jika jas ini untuk acara formal, seperti pernikahan Anda, anda bisa menggunakan model double vent yang memiliki 3 buah kancing dan kantong model jetted yang akan memberi kesan ramping pada tubuh anda, gunakan juga kemeja bermotif garis vertikal yang memiliki model kerah yang gagah supaya penampilan anda terlihat lebih sempurna.

Desain Jas

Baju jas mayoritas didesain dengan konsep slim fit, yang artinya press body mengikuti bentuk tubuh. Hal ini bertujuan agar si pemakai benar – benar terlihat fashionable. Konsep jas pada dasarnya tidak jauh berbeda, umumnya perbedaannya ada pada lipatan dada (single dan double), model dan letak saku, serta kombinasi warna.

Terdapat beberapa pilihan material atau bahan dalam pembuatan jas, masing – masing bahan memiliki ciri khas yang berbeda.

Bahan Drill

Bahan drill sangat cocok digunakan untuk blazer pria standar dan jas almamater,selain murah bahan ini sangat mudah perawatannya akan tetapi cenderung mudah rusak dan panas saat dikenakan.

Bahan Shantung

Bahan shantun sering di sebut juga bahan linen bahan ini sangat cocok untuk jas traditional, selain harganya murah dari segi warna sangat cocok sekali di padukan dengan payet, biasannya warna bahan ini sangat mudah sekali di padukan dengan bahan kebaya,akan tetapi bahan ini sangat mudah robek dan sangat panas.

Bahan Poliester

Bahan ini sering di sebut HIGT TWIST bahan ini sangat cocok di gunakan untuk blazer dan jas wisuda. Harganya yang relatif murah, sehingga sangat mudah di dapatkan di pasaran. Bahan ini sedikit panas, sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan penjahit kepercayaanA untuk memilih inner atau furing yang tepat, agar nyaman saat digunakan.

Bahan Semi Wool

Bahan semi woll memiliki campuran poliester. Bahan ini cukup banyak di pasaran, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk membuat jas. Selain lebih murah, bahan ini sangat mudah dalam proses pembuatan jas. Baju jas dengan bahan ini sangat cocok untuk jas casual atau jas harian, karena cenderung lebih awet. Kekurangan dari bahan ini yakni sedikit panas dan warna sering memudar apabila telah lama di gunakan. Maka dari itu kami sarankan untuk memilih bahan lokal seperti textile one,bellini dll.

Bahan Silk Wool

Bahan silk wool disebut shining, masih terdapat sedikit kandungan poliester dan lebih banyak wool. Bahan ini sangat cocok untuk jas pernikahan, karena warnanya yang glossy, membuat bahan ini terlihat glamor. Bahan ini lebih mahal jika dibandingkan dengan material jas yang lain.

Bahan Woll 100%

Bahan woll merupakan perpaduan bahan katun dan sutra. Bahan ini adalah bahan terbaik untuk membuat jas, baik untuk jas pernikahan ataupun jas kantor. Kenapa demikian? Selain awet, baju jas dengan bahan ini sejuk / dingin dan sangat cocok apabila digunakan dalam jangka waktu lama.

Akan tetapi bahan wool yang asli sangat mahal, berkisar 2 jt – 15 jt /meter dan warnanya hanya tertentu. Hati hati dalam pemilihan bahan ini karena banyak di pasaran bertuliskan wool namun ternyata hanya semi wool atau silk wool.

Jas Hitam

Jas hitam merupakan jas paling elegan dan glamor. Warna ini sangat populer untuk diaplikasikan pada pakaian berkonsep jas.

Hitam merupakan warna netral yang bisa dikombinasikan dengan berbagai warna yang lain. Sehingga ketika Anda mengenakan jas hitam, Anda dapat mengkombinasikannya dengan kemeja yang berwarna lain seperti putih, merah bahkan dengan hitam pula juga bisa, begitu pula dengan model dan warna dasi, Anda dapat mengkombinasikannya lebih bebas. Bisa dasi panjang maupun dasi kupu – kupu.

Rompi Jas

Jika ditelusuri sejarahnya, pada awalnya vest berlengan dan panjangnya selutut. Namun dalam perkembangannya kemudian, vest berubah bentuk menjadi pendek sepinggang dan kehilangan lengannya (tanpa lengan).

Pada abad ke 17, vest digunakan hanya sebagai pelengkap setelan jas dan celana (suits). Namun saat ini vest telah banyak digunakan secara unisex untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita, tua maupun muda dan dalam berbagai event.

Blazer

Desain dari blazer dan jas sekilas nampak sama, namun ternyata memiliki beberapa perbedaan jika ditelusuri dengan teliti. Perbedaanya terletak pada bahan, jahitan, lengan dan variasi model.

Baju blazer tidak harus dijahit oleh penjahait khusus seperti baju jas. Dapat diproduksi oleh mesin industri, yang secara langsung memproduksi dalam jumlah banyak. Blazer tidak memiliki keharusan untuk dipasangi cincin manset di ujungnya, selain itu sambungan lengan hanya satu di bagian dalam seperti kemeja pada umumnya.

Blazer tidak memiliki pasangan celana sendiri atau rok sendiri, umumnya sering dipadukan dengan celana jeans. Selain itu blazer juga digunakan untuk acara yang tidak terlalu formal. Baju blazer banyak diminati kaum muda karena modelnya yang bervariasi dan tidak terlalu formal.

Save