40 Model Sanggul Modern yang Simple, Elegan dan Cantik

Sanggul telah dikenal atau dikenakan sejak zaman Mesir Purba, sekitar 4000 tahun yang lalu. Umumnya digunakan untuk keperluan keagamaan, menanggulangi panasnya udara (cuaca ekstrim), dan dari segi kebersihan. Pria dan wanita Mesir Purba memiliki kebiasaan mencukur bersih rambut kepalanya. Dengan memakai sanggul (dengan bentuk memanjang di bawah bahu), kebutuhan akan kesehatan, identitas / status sosial, dan kesempurnaan penampilan dapat terpenuhi.
Dulunya sanggul terbuat dari serat daun palma, bulu binatang dan rambut manusia. Untuk mempercantik tampilan sanggul, kalangan kerajaan / ratu menggunakan untaian emas sebagai aksesoris tambahan.

Perkembangan zaman yang sangat pesat, merubah model dan kegunaan sanggul. Intinya masih sama yakni memodifikasi bentuk rambut agar terlihat berbeda, lebih cantik dan rapi. Khususnya bagi wanita yang tidak berhijab, sanggul sangat membantu dalam mendukung penampilannya, utamanya untuk prosesi pernikahan atau acara formal lainnya.

Sanggul Modern

Berbeda dengan sanggul zaman dulu (tradisional), sanggul modern didesain lebih simple, dan terkadang tidak membutuhkan rambut palsu (umumnya bagi yang berambut panjang). Sanggul modern tidak lagi menggunakan metode sasak seperti sanggul tradisional, yang terkadang dapat menyakiti orang yang akan disanggul.

Sanggul modern lebih memprioritaskan pemanfaatan rambut asli yang dimiliki, sehingga rambut tambahan tidak diperlukan lagi. Umumnya rambut yang disanggul adalah rambut wanita yang panjang karena lebih mudah untuk dibentuk dan dimodel.

Teknik membuat sanggul modern dominan pada metode kepang dan menggulung rambut dengan bantuan jepit rambut dan aksesoris tambahan sebagai pemanis. Untuk penunjang agar lebih rapi, biasanya menggunakan hairspray agar bentuk sanggul tidak berubah di saat Anda bergerak.

Membuat sanggul modern dengan teknik menggulung dapat dilakukan seperti tutorial gambar di atas. Rambut panjang yang terurai diikat terlebih dahulu ke belakang dengan menggunakan tali rambut. Kemudian ambil rambut yang telah diikat tadi sebagian saja dan lingkarkan pada tali rambut untuk menutupi tali rambut dan dijepit. Selanjutnya ambil sisa rambut dan gulung keluar ke arah atas, dimana bagian ujung rambut diselipkan pada rambut yang terikat kemudian beri jepit agar rambut tidak lepas dan rapi. Untuk mempercantik, beri aksesoris berupa bunga di bagian kiri belakang.

Untuk sanggul modern teknik kepang, bisa dibuat dengan model triple kepang. Diawali dengan membagi rambut menjadi tiga bagian, dimana rambut pada bagian tengah lebih banyak dibanding kedua sisi lainnya. Masing – masing bagian dikepang dan diikat pada bagian ujung rambut.

Setelah masing – masing bagian sudah terbentuk kepang, ambil kepang rambut bagian tengah terlebih dahulu kemudian lilit melingkar dan jepit. Diikuti dengan kepang rambut yang tepi ditarik ke belakang dan dililit pada kepangan pertama, berikut untuk kepangan rambut sisi lainnya. Model sanggul modern ini simple namun terlihat cantik dan elegan, sehingga cocok untuk model rambut pesta.

Sanggul Rambut Pendek

Untuk anda yang memiliki rambut pendek, anda juga bisa mengenakan sanggul yang cantik. Apabila rambut anda sepanjang bahu atau hampir sebahu, maka anda bisa menggunakan rambut anda sendiri (Tanpa sanggul palsu). Namun apabila panjang rambut anda kurang dari itu atau tergolong ekstra pendek, maka anda dapat mengenakan sanggul buatan.

Pada umumnya prinsip sanggul rambut pendek dengan sanggul rambut panjang tidak jauh berbeda, perbedaannya hanya pada volume dan panjang rambut. Sanggul rambut pendek membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra, agar menghasilkan sanggul yang bagus dan rapi.

Sanggul rambut pendek bisa dikreasikan dengan berbagai bentuk model, yakni :

Side Bun

Bentuk sanggul seperti ini sering diaplikasikan oleh para wanita yang memiliki rambut pendek. Anda cukup menyisir rambut kesamping dan menggabungkannya. Tahan rambut anda dengan memberi penjepit diatas telinga. Gulunglah rambut dan ikat sehingga membentuk sanggul disamping. Jika Anda memiliki poni, biarkan terurai dan pastikan sanggul berada disisi yang sama dengan poni kamu.

Low Neck Bun

Low neck bun juga merupakan solusi terbaik bagi anda yang berambut pendek. Permasalahan yang dimiliki rambut pendek adalah beberapa helai rambut akan jatuh saat ditarik ke atas. Oleh karena itu Low Neck bun dan side bun merupakan ide sanggul terbaik. Buatlah sanggul kecil dengan posisi dibelakang dan agak sebelah kiri.

Tambahkan bros atau akesesoris lainya agar lebih elegan. Bagi kamu yang memiliki rambut tipis, buat gaya rambut kamu agak messy agar sanggul terlihat lebih bervolume. biasanya sanggul bentuk ini digunakan ketika menghadiri pesta.

Messy Back Bun

Model Sanggul Rambut Pendek ini cukup sederhana. Anda bisa membuatnya dengan mudah dan tidak butuh waktu lama. Cukup kumpulkan rambut ke belakang seperti membuat pony tail/ekor kuda dan biarkan sedikit longgar pada bagian bawah. Kemudian jepit rambut dengan menekuknya keatas. Model sanggul ini cocok untuk anda yang memiliki bad hair (belum keramas, berminyak, dll) atau sedang terburu-buru

Braided Back Bun

Braided back bun cocok sekali untuk diaplikasikan untuk kamu yang ingin tampil menawan saat menghadiri pesta semi formal. Berikut cara membuatnya :

  • Pastikan jika rambut mu sudah bersih dari kotoran dan wangi.
  • Sisirlah rambut mu ke arah belakang.
  • Buatlah kepangan pada salah satu sisi rambut mu dengan pola yang rapi.
  • Gulung sisa rambut ke salah satu arah (agak menyerong) hingga membentuk sanggul.
  • Gunakan penjepit rambut agar sanggul kepang tidak terurai kembali.
Top Knot

Bentuk sanggul ini sangat simple dibandingkan yang lainnya. Hanya dengan menyatukan semua rambut ke atas kepala lalu gulung rambut. Gunakan penjepit atau karet untuk menahannya.

Twisted Low Bun

Model sanggul ini menjadi trend sepanjang tahun lalu, bahkan hingga saat ini. Twisted low bun adalah model sanggul yang sangat disukai kaum remaja. Anda bisa menggunakan model sanggul ini untuk pergi ke pesta, mall, pantai ataupun sekedar bersantai bersama keluarga.

Cara membuat model sanggul ini mudah, ikuti langkah berikut ini.

  • Sisir rambut ke arah belakang.
  • Pilin salah satu sisi rambut ke belakang
  • Gulung rambut mu hingga ke bagian tengah kepala atau posisi cepol.
  • Jepit atau kuncir rambut anda agar tidak tergerai kembali.
  • Tambahkan aksesoris yang simple.
Ballerina Bun

Jika Anda ingin model sanggul yang elegan, namun sedikit rumit, anda bisa mencoba model sanggul ballerina bun. Sisirlah rambut ke belakang dan satukan atau ikat dibaguan belakang dengan posisi agak tinggi. Bagi rambut menjadi dua bagian atas dan bawah. Pada bagian atas buatlah sanggul di atas kepala sedikit kebelakang. Bagi rambut bagian bawah menjadi beberapa bagian kecil, buat kepangan, putar dan jepit keatas.

Messy Loose Bun

Model ini terlihat seperti berantakan, namun kamu tetap terlihat cantik dan menawan. Cukup sisi rambut kebagian belakang dan buat sanggul longgar. Model rambut ini akan membuat tampilan rambut anda lebih bervolume.

Side Pinned Bun

Sanggul ala Taylor Swift ini bisa diaplikasikan pada rambut pendek Anda. Selain terlihat cantik, model sanggul ini cukup berkelas. Untuk mempercantik tampilannya, Anda bisa menambahkan aksesoris rambut.

Small Nape Bun

Model small nape bun cocok jika dipadukan dengan gaun pesta. Tampilan sanggul yang simple ini dapat membuat penampilan Anda menjadi glamor namun tetap natural.

Sanggul Jawa

Sanggul Jawa merupakan teknik modifikasi rambut yang tergolong tradisional. Sanggul Jawa merupakan ciri khas atau adat tradisional khas jawa yang dipertahankan hingga saat ini. Masih banyak orang Jawa yang menggunakan sanggul, khususnya para wanita keraton dan orang – orang yang masih kental menganut adat Jawa.

Dulu, sanggul Jawa dipakai dengan menggunakan teknik sasak, yaitu teknik menambah volume rambut dengan menggunakan sisir. Sasak diperlukan untuk menyeimbangkan antara volume rambut depan dan belakang, serta samping kanan dan kiri. Biasanya bagian rambut yang disasak adalah rambut bagian depan atas dan samping kanan kiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, teknik sasak dalam penggunaan sanggul Jawa mulai tergantikan. Teknik sasak yang dikenal “menyakitkan” dan lama, serta sulit untuk dikembalikan ke bentuk rambut semula, kini sudah mulai ditinggalkan dengan adanya solusi termodern. Sanggul Jawa saat ini sudah tidak lagi menggunakan teknik sasak, melainkan menggunakan rambut pasangan untuk menggantikan sasak. Sehingga volume rambut terkesan bertambah.

Sanggul Jawa memiliki banyak model menurut asalnya. Ada sanggul Jawa Ukel Ageng Bangun Tulak, Solo (Ukel Konde), Sunda (Bokor Mengkurep) dan sanggul Jawa Yogyakarta (Ukel Tekuk). Masing – masing memiliki filosofi sendiri – sendiri.

Sanggul Ukel Ageng Bangun Tulak merupakan sanggul kebesaran yang dapat digunakan untuk berbagai kalangan dan cocok digunakan sehari – hari maupun pada acara – acara resmi atau acara kebesaran. Untuk sanggul Ukel Konde merupakan sanggul Jawa terfavorit yang sampai sekarang banyak diminati. Sedangkan sanggul Jawa Sunda atau Bokor Mengkurep ini biasa dipakai oleh pengantin. Dan sanggul Ukel Tekuk dari Yogyakarta ini umumnya dipakai oleh masyarakat lingkungan sekitar keraton Ngayogyadiningrat.

Sanggul Pengantin

Semua pengantin tentunya menginginkan penampilan yang istimewa dan menawan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, memerlukan pemilihan terbaik, untuk mendukung atau mempercantik tampilan sang mempelai.

Untuk mempercantik dan memperindah tampilan rambut, banyak pengantin yang khususnya tidak berhijab memilih sanggul sebagai modifikasi tampilan rambutnya. Selain terlihat lebih rapi, sanggul untuk pengantin membuat mempelai terlihat lebih cantik dan anggun.

Untuk pengantin bergaun eropa / gaun modern, umumnya menggunakan model sanggul modern yang lebih sederhana namun terilhat stylish. Dengan menambahkan aksesoris seperti mahkota, bunga, headband dan kain penutup (slayer)

Sanggul pengantin Eropa banyak diminati untuk saat ini. Karena bentuknya yang terlihat elegan, tidak terlalu rumit dalam membuat dan melepasnya, menjadi alasan utama mempelai wanita yang memilih model sanggul ini.

Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, konsep pernikahannya masih tradisional, mengenakan kebaya dan sanggul Jawa sebagai modifikasi rambutnya. Karena sudah merupakan tradisi turun temurun yang tidak dapat diubah. Dengan hiasan bunga melati dan bunga mawar yang dirangkai sedemikian rupa, memberikan ciri khas tersendiri bagi sanggul pengantin Jawa.