Tips Memilih Model Kebaya Modern

Mengenal Sejarah Kebaya

Terdapat beberapa filosofi mengenai kebaya, tentang asal usul, gaya pemakaian, dan beberapa aspek lain. Kebaya merupakan pakaian tradisional yang digunakan sehari-hari baik dikalangan bangsawan ataupun rakyat biasa, umumnya digunakan oleh wanita di pulau jawa (terutama daerah Jawa Tengah) sejak tahun 1600. Sebelum mengenakan kebaya mereka mengenakan kemben (sebagai penutup payudara dan punggung) dan stagen (dililitkan dibagian perut).

Penggunaan kebaya semakin berkembang hingga saat ini, dengan model yang lebih beragam dan stylish. Tidak hanya di pulau Jawa, kebaya digunakan diberbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri, seperti Malaysia, Brunai, Singapura, Burma, dan beberapa negara lain.

Saat ini model kebaya mengalami modernisasi dan tidak lagi dipakai sebagai baju sehari-hari, namun lebih umum digunakan sebagai gaun pengantin, pesta, wisuda dan acara resmi lainnya.

Kebaya Pengantin atau Kebaya Modern

Pernikahan merupakan momen yang sangat spesial bagu setiap orang, tentunya segala persiapan dan prosesi acara harus dilakukan dengan sebaik mungkin, termasuk dalam menyiapkan gaun pernikahan.

Di Indonesia, penggunaan kebaya sebagai gaun pengantin menjadi tren tersendiri diberbagai kalangan. Hal ini dikarenakan kebaya pengantin memiliki desain elegan, mewah, dan nyaman saat digunakan.

Dari segi harga, kebaya modern memiliki harga yang cukup bervariasi, bergantung pada model, bahan dan detail yang kita pilih, sehingga kita dapat menyesuaikan dengan budget yang kita miliki. Desainnya pun dapat disesuaikan dengan postur tubuh mempelai wanita.

Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru dikenal dengan secarik kain pada bagian dada yang menjadi penghubung lipatan kebaya. Kebaya kutu baru ini sangat populer untuk digunakan dalam acara-acara resmi, terutama oleh petinggi atau keluarga dari petinggi negara kita, seperti Ibu Tien Soeharto, Ibu Ani Yudhoyono dan Megawati Sukarnoputri.

Kebaya kutu baru menjadi inspirasi pertama bagi seorang desainer ternama Indonesia, Anne Aventie, untuk terjun di dunia rancang kebaya modern.

Kebaya kutu baru biasanya digunakan bersamaan dengan korset dan memiliki ciri klasik kancing pengait yang terbuat dari benang.

“Perempuan pedagang di pasar, perempuan terdidik yang sangat intelek, dan perempuan ningrat yang duduk dalam singgasana agung keraton menyukai potongan kebaya ini,”Anne Aventie

Penggunaan kebaya kutu baru ini selalu dikombinasikan dengan sebuah kain batik, yang dililitkan disekitar pinggang dan memiliki lipatan (wiron) dibagian depan. Untuk acara-acara resmi seperti pesta pernikahan, pemakaiannya dilengkapi dengan selndang batik yang senada dengan “bawahan” yang digunakan.

Tips dalam Memilih Model Kebaya
– Apabila anda memiliki tubuh yang cenderung gemuk, tentunya kamu wajib memilih model kebaya yang berwarna agak gelap, seperti merah maroon, hitam, abu-abu, navy, dsb. Untuk potongan kebaya sendiri, gunakan potongan panjang dan hindari motif yang kontras. Untuk model leher, sebaiknya anda mengenakan kebaya modern dengan model V neck. Model kebaya dengan leher V akan memberikan kesan langsing dan leher panjang. Hindari penggunaan kebaya kutu baru, model kebaya ini akan membuat anda terlihat gemuk. Pilih kebaya bermotif kecil yang dapat membuat anda terlihat ramping.

Untuk anda yang bertubuh kurus wajib sekali memilih kebaya berwarna terang, hindari penggunaan warna gelap. Hindari penggunaan kebaya berekor panjang. Jika kamu memiliki leher sangat jenjang hendaknya kamu memilih kebaya modern dengan model leher shanghai. Dan jika kamu memiliki leher pendek, kebaya modern dengan potongan dada rendah akan memberikan efek leher jenjang. Namun jika kamu memiliki lekuk tulang leher yang dalam, maka hindari penggunaan kebaya kutu baru, off shoulder dan model V, gunakan model kebaya kerah shanghai ataupun stand collar.

 

Kebaya Wisuda

Eksistensi dari sebuah kebaya tidak diragukan lagi, seperti penggunaannya diberbagai acara seperti pernikahan, acara kenegaraan, peringatan hari nasional dan acara wisuda. Terkadang kita bingung dalam menentukan model kebaya yang cocok untuk acara wisuda. Beberapa orang memilih untuk menyewa kebaya wisuda, yang notabene lebih mengirit budget dibandingkan mendesain atau membeli yang baru.

Untuk kamu yang ingin mendesain model kebaya wisuda, anda tentunya juga perlu memperhatikan tips di atas. Selain itu, desain yang anda pilih haruslah sesuai, contohnya jangan menggunakan kebaya dengan model ekor panjang (jika anda ingin menggunakan kebaya model panjang, gunakanlah model kebaya yang panjangnya tidak mencapai lantai), demi kenyamanan dan kesesuaian dengan even yang anda hadiri.

Selain itu dari segi bordir dan payet, tentunya akan lebih simpel dibandingkan kebaya pengantin. Jika kamu orang yang minimalis dan simpel, kabaya model kutu baru akan sangat cocok untuk dikenakan. Selain simple dan minimalis, kebaya kutu baru memberikan efek feminim bagi penggunanya.

Kebaya Muslim

Apa sich perbedaan kebaya muslim dan kebaya pada umumnya? Tentunya tidak ada perbedaan yang spesifik selain lengannya yang panjang dan modelnya yang tidak tembus pandang. Kebaya muslim terkesan lebih tertutup, namun tetap tergolong stylish, jika anda bisa memadankan dengan model hijab yang sesuai.

Terkadang kebanyakan orang lebih sering memodifikasi kebaya pada umumnya, terlebih lagi jika kamu menyewa kebaya. Modifikasi disini menjadikan sebuah kebaya yang terkesan terbuka atau transparan, menjadi sebuah kebaya muslim dengan penggunaan manset dengan warna senada atau warna kulit.

Pemakaian kebaya muslim tentunya disesuaikan dengan model bawahan atau batik yang tidak ketat (membentuk lekuk tubuh). Anda bisa menggunakan rok batik berpotongan A atau lebar dibagian paha ke bawah.

5 Desainer Kebaya Modern Terbaik di Indonesia

1. Kebaya Modern Karya Anne Aventie

Anne Aventie merupakan desainer kebaya paling berpengaruh di Indonesia, karyanya pun diakui di ranah internasional. Anne selalu memberikan inovasi dan terobosan terbaru dalam karya kebayanya.

Kebaya modern karya Anne Aventie sangat populer dan digunakan oleh artis-artis ibu kota. Beberapa karyanya dapat anda jadikan referensi dalam mendesain model kebaya modern anda.

2. Kebaya Modern Karya Biyan

Kebaya modern karya seorang Biyan, dikenal dengan detail payet dan bordiran yang kompleks. Perpaduan antara payet dan bordiran kompleks yang ia berikan, mampu menghasilkan sebuah model kebaya modern yang sangat elegan dan mewah.

3. Kebaya Modern Karya Ivan Gunawan

Siapa sich yang gak kenal dengan desainer beken ini? Namanya tidak asing lagi bagi kita tentunya dan hampir setiap hari, seorang Ivan Gunawan muncul di beberapa acara televisi. Ivan Gunawan tidak hanya dikenal sebagai seorang desainer handal, namun juga seorang selebritis, host dan entertain papan atas.

Berbeda dengan desainer lainnya, Igun lebih suka mendesain kebaya modern dengan konsep tabrak warna, namun jangan salah, kebaya modern karya Igun ini sangatlah cantik dan menawan. Harga kebaya rancangan Igun terbilang cukup terjangkau dibandingkan desainer-desainer papan atas lainnya.

4. Kebaya Modern Karya Ferry Sunarto

Desainer satu ini namanya sudah melambung ke kancah Internasional. Desain atau model kebaya modern karya Ferry Sunarto tentunya sudah tidak diragukan lagi. Kebaya karya Ferry Sunarto terbilang sangat modern dibandingkan ketiga desainer di atas. Jika anda menginginkan model kebaya modern, elegan dan mewah, kebaya modern karya Ferry Sunarto dapat menjadi referensi terbaik anda.

5. Kebaya Karya Marga Alam

Berbeda dengan keempat desainer di atas, Marga Alam seorang desainer yang dikenal karena desain kebaya modern-nya yang masih memiliki sentuhan tradisional. Model kebaya Marga Alam dideain dengan tempelan border dan payet yang sangat memukau.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save